ESAI – PERAN GANDA BURUH MIGRAN PEREMPUAN

0
228

PERAN GANDA BURUH MIGRAN PEREMPUAN

Oleh : Mochammad Rizqi Fauzi

           Buruh Migran ialah orang yang bermigrasi atau berpindah dari wilayah kelahiran untuk keperluan bekerja. Di Indonesia khususnya di daerah Malang Selatan, banyak orang yang memilih bekerja ke luar negeri sebagai Buruh Migran. Buruh Migran tersebut mayoritas ialah perempuan.

Sebagian orang memandang Buruh Migran hanyalah sebuah profesi yang biasa-biasa saja seperti halnya profesi-profesi pekerjaan lainnya. Akan tetapi, apabila dilihat dari sisi yang lain, terdapat hal yang menarik dibalik profesi perempuan sebagai Buruh Migran. Hal menarik tersebut ialah adanya perubahan atau penambahan peran bagi  Buruh Migran perempuan itu sendiri. Perempuan yang seharusnya lebih mementingkan urusan rumah tangganya bertambah tugas menjadi pencari nafkah.

Berdasarkan penelitian yang telah penulis lakukan di Malang Selatan, tampak terdapat pergeseran peran dalam keluarga. Laki-laki yang sejatinya sebagai kepala keluarga, peran ini digantikan oleh sang perempuan. Hal ini bisa terjadi karena Buruh Migran perempuan memiliki penghasilan yang lebih daripada suaminya sehingga ia secara tidak langsung dapat mengatur rumah tangganya sendiri. Memang, status kepala keluarga tetap dimiliki seorang laki-laki. Akan tetapi, pada kenyataannya perempuan bisa menjalankan peran ganda sebagai ibu rumah tangga sekaligus kepala rumah tangga di dalam sebuah keluarga.  Dapat disimpulkan bahwa perempuan merupakan sosok penting dan tangguh dalam sebuah keluarga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here