ESAI – MAHASISWA DAN ORGANISASI

0
136

Mahasiswa dan Organisasi

Oleh : Intan Permatasari

 

“Mau ikut organisasi?”

Pertanyaan yang sering didengar di kalangan mahasiswa. Setiap individu memiliki hak asasi untuk memilih berorganisasi maupun tidak, yang nantinya pilihan itu pasti memiliki konsekuensi benar atau salah. Satu hal yang perlu diyakini bahwa setiap orang pasti membutuhkan satu sama lain. Interaksi dengan sesama itu penting untuk kelangsungan hidup masing-masing, entah itu dalam kelompok kecil maupun kelompok besar dengan lingkungan yang berbeda.

“Peran utama mahasiswa adalah belajar di kelas, benar?”

Tujuan utama menjadi seorang mahasiswa adalah belajar di kelas dan berlomba untuk mendapatkan nilai akademik yang baik. Pemikiran sempit terkadang masih santer terdengar di kalangan mahasiswa dengan berargumen bahwa menjadi mahasiswa tujuan utama adalah kuliah dan mencari ilmu di kelas, selalu mengerjakan tugas dan menghasilkan IPK yang baik. Benar bahwa mencari nilai akademik merupakan tujuan utama, namun kebanyakan mahasiswa lupa ada hal lain yang juga sama penting yaitu bagaimana caranya bersosialisasi dengan orang lain. Mau tidak mau menjadi seorang mahasiswa harus bisa beradaptasi dan membiasakan diri untuk memiliki rasa sosial yang tinggi terhadap lingkungan karena nantinya di dunia kerja akan sangat dibutuhkan. Maka dari itu mengikuti kegiatan di luar perkuliahan itu penting untuk melatih bersosialisasi dengan orang lain agar bisa terbiasa dan mengetahui bagaimana cara menghadapi orang lain dengan berbagai karakteristik masing-masing.

“Pentingkah berorgnisasi?”

Mahasiswa memiliki peran utama yaitu belajar, tapi belajar tidak saja di dalam kelas namun juga di luar kelas. Salah satu contoh belajar di luar kelas ialah dengan mengikuti organisasi. Organisasi menjadi salah satu jembatan melatih mahasiswa untuk bersosialisasi dengan orang lain, namun tidak hanya itu organisasi bisa memberikan wadah bagi mahasiswa untuk menyalurkan bakat dan mengembangkan kreativitas. Organisasi bisa menjadi tempat untuk mencari ilmu dan wawasan serta pengalaman yang tidak bisa didapatkan di dalam kelas. Dalam dunia pekerjaan sangat diperlukan kemampuan memimpin yang baik, ketahanan mental yang kuat dalam memahami situasi sosial yang beragam. Banyak mahasiswa yang cerdas namun memiliki kelemahan ketika harus berkomunikasi dengan orang lain. Itu mengapa organisasi bisa menjadi alat bagi mahasiswa untuk melatih diri berinteraksi dan bersosialisasi dalam sebuah kelompok yang nantinya bisa diimplementasikan ketika sudah berada pada dunia pekerjaan.

Organisasi menjadi tempat para mahasiswa untuk berkumpul dan bertukar pikiran serta bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama. Organisasi bisa untuk melatih diri dimulai dari mengeluarkan pendapat pada lingkup kelompok kecil hingga nantinya berhubungan antar organisasi dan berakhir kepada masyarakat jika mengadakan suatu kegiatan yang juga melibatkan masyarakat secara umum. Selain itu hal yang paling penting bisa didapatkan yaitu bagaimana bersikap untuk peduli terhadap orang lain, ini merupakan satu hal kecil yang terkadang sulit untuk dilakukan orang lain.

Manfaat pertama berorganisasi yaitu mengembangkan sifat kepemimpinan. Dalam dunia kerja atau bahkan ketika menjadi mahasiswa sangat diperlukan kemampuan atau sifat kepemimpinan. Dalam kegiatan organisasi mau tidak mau kita dituntut untuk menjadi pemimpin, berawal dari memimpin diri sendiri terlebih dahulu lalu bertahap pada sekelompok orang dan lingkup yang lebih besar. Kepemimpinan dalam diri sendiri seperti kemampuan untuk manajemen waktu, dimana mahasiswa yang mengikuti organisasi pasti harus bisa membagi waktunya antara belajar dan juga organisasi. Mengatur waktu akan menjadi sebuah masalah besar jika setiap individu tidak bisa membaginya dengan baik, maka dari itu diperlukan manajemen waktu yang baik agar setiap tindakan yang direncanakan terlaksana dengan maksimal. Ketika sudah bekerja nantinya mahasiswa yang mengikuti organisasi akan sedikit lebih terlatih untuk mengatur waktu dan menetapkan skala prioritas ketika dihadapkan dengan banyak tugas dan tututan yang harus dikerjakan. Ketika dalam organisasi ada kegiatan atau even sangat dibutuhkan jiwa-jiwa kepemimpinan agar kegiatan bisa berjalan dengan baik. Ketika bisa berlatih menjadi pemimpin maka akan sangat berguna dalam dunia pekerjaan yang menuntut orang bekerja dengan profesional.

Manfaat kedua yaitu untuk melatih mental agar tidak emosi saat menghadapi permasalahan atau kendala yang tidak dipungkiri akan hadir dimana saja. Dengan berorganisasi bisa sebagai wadah untuk melatih mental dan memahami bagaimana cara untuk menghadapi orang lain dari berbagai karakter dan sifat. Ketika sudah terbiasa menghadapi sebuah permasalahan pasti akan memiliki mental lebih kuat dan bisa menyelesaikan dengan baik tanpa adanya pertengkaran dan kekerasan. Selain itu yang bisa diperoleh dari berorganisasi yaitu bisa menambah relasi atau memperluas jaringan dimana akan sangat berguna nantinya. Dimulai dari mengenal masing-masing anggota dalam organisasi sampai mengenal banyak orang ketika harus berhubungan dengan dunia luar. Dengan ini bisa menambah koneksi dan akan sangat berguna ketika mencari pekerjaan nantinya. Manfaat lain yang berguna di masa depan adalah untuk meperbagus CV yang pastinya bisa menjadi pertimbangan perusahaan untuk memilih orang-orang yang kompeten dan berpengalaman dalam organisasi.

Organisasi menjadi hal yang sangat penting demi kebaikan mahasiswa jika dilihat dari berbagai manfaat yang bisa diperoleh ketika seseorang memutuskan untuk berorganisasi. Namun sebagian besar mahasiswa masih kurang memiliki kesadaran dan minat unruk mengikuti sebuah organisasi entah dianggap sebagai penghambat kuliah atau memang terlalu nyaman menjadi mahasiswa yang hanya berprinsip untuk kuliah dan pulang kerumah atau biasa disebut sebagai mahasiswa kupu-kupu. Tanpa mereka sadari organisasi juga sangat berhubungan dengan perkuliahan dimana dalam perkuliahan kita bisa menimba ilmu melalui teori-teori dan dalam organisasi mahasiswa bisa mengimplementasikan secara nyata ilmu yang telah didapat di perkuliahannya. Salah satu contohnya ketika seorang mahasiswa kuliah dibidang perkantoran diamana outputnya menjadi seorang sekretaris, maka didalam organisasi dia bisa melatih diri menjadi seorang sekretaris yang sesungguhnya dengan mendaftarkan diri sebagai pengurus bagian sekretaris dalam organisasi. Ini merupakan aplikasi nyata yang mungkin tidak bisa didapatkan di dalam ruang kelas meskipun terdapat perbedaan antara organisasi di perusahaan dan organisasi di perkuliahan.

Mengikuti organisasi juga harus melihat dari berbagai aspek termasuk memilih organisasi berdasarkan minat dan bakat agar sesuai dengan kemampuan dan bisa mengembangkan diri. Selain itu melihat visi misi, dan juga kegiatan apa yang dilakukan dalam organisasi juga perlu agar merasa nyaman dan bisa mengikuti semua kegiatan dengan baik karena merasa suka menjalankannya. Jika memang sudah masuk dalam organisasi maka tekuni dan lakukan semua hak dan kewajiban yang telah ditentukan agar bisa merasakan manfaatnya dan bisa berkontribusi dengan baik. Manfaat yang diperoleh akan banyak sekali entah itu manfaat dalam jangka pendek maupun jangka panjang ketika masuk di dalam dunia pekerjaan nantinya.

Peran mahasiswa yang utama yaitu belajar dan kuliah, karena dengan itu bisa mendapatkan IPK bagus dan bisa mendapatkan gelar sarjana. Namun dari beberapa manfaat yang telah dipaparkan dapat diketahui bahwa organisasi juga memiliki peran penting untuk melatih mahasiswa menghadapi dunia kerja. Manfaat yaitu mengajarkan bagaimana menjadi pemimpin yang baik, mengatur waktu, menahan ego, memperbagus CV, menentukan jati diri dan lainnya. Mengejar nilai akademik dan mengejar gelar sarjana itu penting dan utama, namun organisasi juga menjadi alat untuk implementasi teori yang bisa digunakan sebagai bekal dalam dunia pekerjaan nantinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here