Hati-Hati dengan Kebiasaan

3
45

Oleh : Anisatul Masruroh

 

Botol plastik merupakan tempat yang diangap paling praktis sebagai tempat menyimpan minuman, baik untuk bepergian, sekolah, maupun bekerja. Berbagai produk botol maupun wadah plastik dengan keunggulan masing-masing telah ditawarkan  oleh produsen.

Saat ini berbagai merek minuman mineral banyak diproduksi, tak sedikit konsumen yang menjadi penikmat olahan air pegunungan tersebut. selain itu, tak sedikit pula konsumen yang memanfaatkan kemasan dari minuman mineral tersebut, ada yang memanfaatkannya sebagai kerajinan, dan ada yang menggunakan ulang botol kemasan tersebut. pemanfaatan botol kemasan sebagai kerajinan mampu memberi peluang bisnis bagi konsumen jika mereka menggunakan kekreatifitasan mereka, namun untuk menggunakan kembali botol kemasan tersebut sebaiknya dihindari. Penggunaan ulang secara berkala dapat membahayakan kesehatan konsumen, namun sayangnya tak banyak orang yang mengetahui hal tersebut. dalam botol kemasan, terutama botol kemasan air mineral pada umumnya biasanya tertera dibagian bawah botol terdapat tanda segitiga dan angka di tengahnya serta  terdapat keterangan diluar tanda segitiga tersebut. untuk botol kemasan air mineral pada umumnya memiliki label daur ulang dengan angka 1 dan keterangan PET atau PETE diluar logo. Botol jenis PET (polyethylene terephthalate) merupakan jenis botol yang HANYA SEKALI PAKAI karena jika botol kemasan bekas tersebut digunakan terus menerus akan menyebabkan lapisan polimer pada botol tersebut akan meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik (dapat menyebabkan kanker). Apalagi  jika botol  kemasan tersebut digunakan untuk menyimpan air hangat atau panas.

Untuk itu sudah sepatutnya, kita sebagai konsumen haruslah mawas diri terhadapa hal-hal yang terlihat sepele tersebut.  penggunaan botol kemasan bekas air mineral tersebut dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan akibat yang fatal, daripada kita menanggung resiko dari hasil kelalaian kita sudah sebaiknya kita mengubah kebiasaan-kebiasaan menggunakan botol kemasan bekas tersebut. gunakan botol bukan botol kemasan bekas terutama botol air mineral bekas, seperti botol yang terbuat dari bahan stainless steel.

Menurut kacamata penulis, untuk kasus seperti ini, bukanlah salah konsumen jika menggunakan botol kemasan bekas tersebut, karena mereka tidak tahu menahu tentang dampak dari pengunaan botol kemasan bekas tersebut. sedangkan keterangan yang menyebutklan hal tersebut hanya berupa logo yang hanya orang-orang tertentu saja yang mengetahuinya. Akan lebih baik lagi jika logo tersebut dituliskan dengan lebih jelas lagi, seperti mencantumkannya pada label kemasan dengan tulisan “BOTOL UNTUK SEKALI PAKAI” untuk menegasakan bahwa botol kemasan bekas tersebut tidak bisa digunakan lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here