INOVASI PEMBELAJARAN DI RUMAH BACA DALAM PENGUNAAN VISUAL AUDITORI KINESTETIK (VAK) TERHADAP ANAK DISABILITAS

INOVASI PEMBELAJARAN DI RUMAH BACA DALAM PENGUNAAN VISUAL AUDITORI KINESTETIK (VAK) TERHADAP ANAK DISABILITAS
Oleh : Atho’ur Rohman

Dalam proses belajar harus diberikan kenyamanan serta fasilitas yang terbaik bagi anak-anak, khususnya anak disabilitas yang harus membutuhkan perhatian serta bimbingan untuk memperoleh pembelajaran yang terbaik. Disabilitas (disability) adalah mereka yang memiliki keterbatasan fisik, mental, intelektual, atau sensorik, dalam jangka waktu lama di mana ketika berhadapan dengan berbagai hambatan, hal ini dapat menghalangi partisipasi penuh dan efektif mereka dalam masyarakat berdasarkan kesetaraan dengan yang lainnya. Penyandang disabilitas pada dasarnya merupakan kaum rentan yang wajib mendapatkan perlindungan oleh Negara. Undang-undang yang menjelaskan tentang pemenuhan penyandang disabilitas sudah banyak dibuat dan memerlukan implementasi yang tepat sasaran agar pemenuhan hak penyandang disabilitas dapat terjamin, di antara sekian banyak hak penyandang disabilitas salah satu di antaranya merupakan hak untuk memperoleh pendidikan. Dengan terpenuhinya hak pendidikan, maka para penyandang disabilitas akan memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi setara dengan manusia lainnya. Rumah baca sebagai tempat yang menyediakan ruang untuk membaca, berdiskusi, membaca buku, menulis, dan kegiatan serupa lainnya, yang dilengkapi dengan bahan bacaan, seperti buku, majalah, tabloid, surat kabar, komik, dan materi multimedia lainnya, dan didukung oleh sumber daya manusia yang bertindak sebagai motivator.

Minat baca masih harus ditingkatkan dengan perubahan inovasi agar minat baca dalam lingkup anak berkebutuhan khusus dapat terjangkau dengan baik. Rahim, (2008) menyebutkan bahwa orang yang mempunyai minat baca yang kuat akan diwujudkan dalam kesediaannya  untuk mendapat bahan bacaan dan kemudian membacanya atas kesadarannya sendiri.

Selain itu bahwa minat baca merupakan hasrat yang kuat seseorang baik disadari ataupun tidak yang terpuaskan lewat perilaku  membacanya,  Hasanah,  (2011).  Pengembangan  proses pembelajaran khususnya terhadap minat baca pada anak disabilitas harus selalu dikontrol dalam proses belajarnya, karena membutuhkan penangan dan bantuan bimbingan, sehingga nantinya mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi, mampu beradaptasi dengan lingkungan serta mampu melaksanakan sesuatu sendiri agar menjadi pribadi yang mandiri.

Suatu pembelajaran dari berbagai masyarakat luas mempunyai tipe dan ciri khas tersendiri dari setiap individunya, dengan perbedaan ini harus mampu memberikan sebuah inovasi terbaru yang nantinya dapat menarik seseorang dalam mengikuti pembelajaran. Menurut Deporter & Hernacki (2000) Terdapat tiga modalitas (type) dalam gaya belajar yaitu visual, auditori, dan kinestetik :

  1. Gaya Belajar Visual

Gaya visual merupakan belajar dengan melihat sesuatu, baik berupa gambar, pertunjukan, peragaan ataupun video. Dalam pembelajaran yang dilakukan oleh disabilitas melalui gaya visual adalah dengan menerapkan game literasi, yang mana game literasi ini dikemas dalam permainan yang dipadukan dengan bahan pustaka. Dengan adanya game literasi ini nantinya proses belajar anak-anak disabilitas dapat terbantu dengan mudah dan tidak membosankan.

  • Gaya Belajar Auditori

Seseorang dalam menggunakan pendekatan auditori, akan cenderung lebih mudah menangkap suatu materi bantuan indera pendengarannya. Namun gaya belajar auditori terhadap anak disabilitas terutama anak tunanetra, yang harus disiapkan dalam rumah baca yaitu sensor audio. Sensor audio ini berupa bahan handset yang dilengkapi dengan sensor (sinar merah), nantinya bahan koleksi akan dikemas softfile berbentuk audio. Hal itu akan mempermudah dalam proses belajar terhadap anak disabilitas terutama anak tunanetra.

  • Gaya Belajar Kinestatik

.           Kinestetik merupakan kemampuan anak menggunakan ketangkasan tubuh untuk mengekspresikan ide dan perasaan dan menggunakan keterampilan tangan untuk mengubah atau menciptakan sesuatu. Namun gaya belajar kinestatik terhadap anak disabilitas yang harus disiapkan dalam rumah baca yaitu story telling, pembelajaran story

telling ini nantinya anak-anak akan memperagakan hasil bahan bacaanya dan disertai dengan alat peraga, dengan adanya story telling ini yang disandingkan dengan gaya kinestetik anak-anak mampu berperan aktif dan meminimalisir ke pasifan dari anak-anak karena kebosanan atau hal lainya.

Dengan diterapkanya sebuah gaya belajar dalam proses pembelajaran dirumah baca akan menambah aktivitas terhadap anak-anak disabilitas dan mampu perperan aktif dalam suatu pembelajaran. Manfaat dari gaya belajar dalam pengunaan Visual Auditori Kinestetik (VAK) yang diterapkan terhadap anak disabilitas akan mempermudah menagkap informasi (pegetahuan) serta dapat memecahkan sebuah masalah dalam proses pembelajaran, karena pembelajaran ini membutuhkan pembelajaran yang dikemas dengan sistem berbeda. Melihat banyaknya type gaya belajar dalam suatu pembelajaran, gaya belajar Visual Auditori Kinestetik (VAK) yang bisa efektif diterapkan dalam anak-anak disabilitas, karena memiliki karekteristik yang berbeda-beda dalam type setiap gaya belajarnya. Hal itu akan menghilangkan paradigma terhadap perspektif sosial yang negative dan menumbuhkan anggapan positif dari masayarakat luas terhadap anak- anak disabilitas, bahwa dalam proses pembelajaran sama-sama rata (menyamaratakan) dan anak- anak disabilitas mampu mengikuti sebuah pembelajaran tanpa harus dipandang sebelah mata.

Daftar Rujukan

Khoiruddin, M. Arif, Imam Taulabi, dan Ali Imron. 2016. “Menumbuhkan minat baca sejak dini di taman baca masyarakat.” Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi 1(2):291–319.

Mubasyaroh, Mubasyaroh. 2015. “PENDIDIKAN BAGI PENYANDANG DISABILITAS DAN ANAK BERKESULITAN BELAJAR; ANALISIS PENANGANAN BERBASIS BIMBINGAN KONSELING ISLAM.” ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal 3(2).

Sumber gambar : pinterest

نمشي , adidas bold age leggings girls dance studio – تسوق تشكيلة اديداس اوريجينالز للأطفال مع تخفيضات 25 – 75% أونلاين في السعودية | girl nike kicks shoes for women black heels – 101 – Nike Air Max 270 React Γυναικεία Παπούτσια Άσπρα Ροζ CZ0372

Related posts

Leave a Comment