MENINGKATKAN INOVASI TEKNOLOGI KOMUNIKASI MENYAMBUT INDONESIA EMAS 2045

MENINGKATKAN INOVASI TEKNOLOGI KOMUNIKASI MENYAMBUT INDONESIA EMAS 2045

Muhammad Shofyan Syafi’i

PENDAHULUAN

Teknologi komunikasi sekarang banyak mengalami perubahan dan perkembangan inovasi dalam memenuhi kebutuhan praktis. Pada dasarnya saat ini generasi z, saat ini mengalami sendiri perubahan teknologi serta perkembangan inovasinya yang sangat banyak, dimana sekarang revolusi teknologi lebih berkembang berkat inovasi pengembangan teknologi internet yang mulai memasuki era 5.0 yang dalam perkembangan perangkat digital sudah banyak terasa. Pada era globalisasi ini peran generasi z, dinilai penting dalam kemajuan bangsa ke depan dimana pada masa indonesia emas generasi z diharapkan menjadi pemimpin yang yang bisa memajukkan bangsa. Upaya mengejar ketertinggalan bangsa pada bidang teknologi saat ini masih dipengaruhi oleh nilai budaya setempat.


ISI

Teknologi merupakan kata dalam Bahasa Indonesia yang merupakan hasil serapan dari bahasa Inggris, yaitu ‘technology’. Saat ini penggunaan kata teknologi umum digunakan untuk segala sesuatu yang memiliki sifat teknis dapat mempermudah pekerjaan manusia dan tentu saja teknologi merupakan salah satu hasil kebudayaan yang sengaja ataupun tidak sengaja dibuat oleh manusia. Sebelum itu, teknologi juga diyakini berasal dari bahasa Yunani, yaitu Technologia yang berasal dari kata techne yang berarti wacana seni.

Teknologi komunikasi saat ini sudah menjadi barang yang umum untuk semua orang apalagi era keterbukaan akses informasi dimana perlunya pencapaian inovasi baru di bidang teknologi yang bisa menjadi awal inovasi selanjutnya yang terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu serta suatu yang perlu didukung inovasi teknologi yang mulai berkembang demi mengejar ketertinggalan. Saat ini perlu adanya pengembangan riset dan dukungan atas munculnya inovasi teknologi yang mengalami banyak dinamika yang cukup hebat, selain itu perlu dorongan agar generasi z bisa mengembangkan suatu hal yag bisa memicu adanya tranformasi teknologi yang memungkinkan dan menjadi kekuatan basis dan ekonomi di masa depan.

Sains pada hari ini menjadi motor penggerak untuk mempercepat perkembangan teknologi, yang kian waktu mulai terjadi kebaruan teknologi yang besar dan banyak sehingga menciptakan peluang generasi z untuk menciptakan teknologi atau memperbarui teknologi yang ada. Generasi z diharapkan menciptakan inovasi baru yang efektif dimana mengejar ketertinggalan teknologi komunikasi saat ini yang perlunya mencari inovasi dari produk anak generasi z sebagai motor penggerak yang bisa diharapkan menciptakan penemuan atau inovasi baru yang efektif demi mengurangi ketergantungan dari produk luar yang kini banyak beredar. Saat ini banyak teknologi komunaksi yang harus dikembangkan di indonesia yang diharapkan mendapatkan paten atau pengakuan atas hasil produk atau jasa dihasilkan oleh penciptanya. Perlunya ide dan gagasan yang bisa diwujudkan oleh generasi z, dimana inovasi teknologi komunikasi yang bisa diterima masyarakat. Dewasa ini mewujuddkan adanya teknologi komukasi yang kompten dan komperhensif akan menjadi hal yang efektif bagi perkembangan teknologi komukasi efektif dan kredibel, jika dibentuk dari awal oleh generasi z maka peluang akan diminati pasar sangat tinggi bahkan akan dibeli  atau kerja sama dengan perusahaan besar.

Banyak generasi z saat menjadi konsumen akan produk asing yang populer tanpa menimbang efektiftas produk tersebut, padahal saat ini perlunya keaktifan generasi z dalam menciptakan teknologi yang bermanfaat tentang komukasi yang mudah digemari misalkan game yang saat ini mudah diterima sebagai teknologi komukasi sembari menciptakan produk lainnya yang semacamnya. Generasi z saat ini mempunyai banyak mempunyai banyak informasi akan inovasi teknologi yang  bisa diterapkan bisa mengubah atau mengupadate yang optimal. Dunia modern saat ini saat ini mengaharapkan peran serta pemuda-pemudi yang bisa mengaplikasikan suatu produk teknologi yang intinya memungkinkan akan dikembangkan, dan bisa menjadi perubahan nilai tersendiri akan dunia teknologi yang berkembang demi membangun kekuatan teknologi nasional yang bisa berkiprah di kancah internasional. Generasi z pada waktu yang akan datang bisa menjadi pemimpin yang membawa dampak perkemabangan lebih intens, selain itu penggunaan inovasi teknologi komunikasi sekarang sangat menguntungkan yang bagi bangsa indonesia.

Dasarnya saat ini peningkatan riset teknologi komukasi semakin giat giatnya dan mulai mendapatkan perhatian dana yang besar demi membuka peluang akan keberhasilan inovasi teknologi yang akan datang, hal ini membawa dampak baik bagi bangsa karena akan mendapatkan keuntungan yang lebih bagi generasi z sebagai pencipta inovasi tekonologi berupa pengelolahan big data yang dimanfaatkan untuk memberikan nilai lebih yang maksimal bagi negara atau saat ini berupa pengunaan jaringan BTS(Base Transceiver Station)  di atas permukaan tanah, sehingga tidak dapat mencapai seluruh tempat. Penelitian saat ini di bidang teknologi komunaksi mulai mendaptkan perhatian oleh generasi z yang terlibilang sukses beradaptasi dengan kehidupan serba digital.


PENUTUP

Generasi z saat ini mempunyai banyak tantangan ada dalam membangun bangsa dalam upaya juga membuktikan akan peran mereka sebagai pemimpin di era indonesia emas yang diperlukan sekali inovasi mereka akan dunia teknologi komunikasi yang lebih bisa menjangkau masyarakat luas di indonesia bahkan bisa mencapai mancanegara yang tidak bisa dipungkiri suatu saat bisa terjadi.


REFERENSI:

Marzuki, Alan Pratama. 2019. Teknologi Masa Depan Informasi dan Komunikasi. Bisa dilihat pada laman:https://www.kompasiana.com/mcqueen95/5d9ce6510d823061323349f2/ teknologi-masa-depan-informasih-dan-komunikasih#

Husna, Nisrin. 2018. FENOMENOLOGI KOMUNIKASI GENERASI Z dilihat pada laman: https://binus.ac.id/malang/2018/02/fenomenologi-komunikasi-generasi-z/

Ajeng, Diah. 2020. Memahami Generasi Z Melalui Etnografi Virtual. Paper Dipublikasikan. Jogjakarta: UIN Sunan Kalijaga

Muannas. 2018. PROSES GATEKEEPING TERKAIT REDISTRIBUSI KONTEN MEDIA SOSIAL: PERSFEKTIF GENERASI Z. Paper Dipublikasikan. Makasssar:Universitas Fajar Makassar.

Related posts

Leave a Comment